Membuat Cat Air Sendiri Yuuk..

image

Setelah dua hari sibuk dengan playdohnya, si kakak mulai bosen, ribut aja minta jalan-jalan.. padahal kan puasa-puasa gini nikmatnya cuma bobo cantik di rumah 😀

“Mau menggambar gak?”
“Gaaak.. melukis aja..”

Yaelaaaah sama aja dong mesti keluar rumah juga buat beli cat air, karena waktu pindahan kemarin cat air kakak berantakan semua gak berbentuk.

Kepikiran bikin aja, browsing resepnya tapi rata-rata pakai tepung maizena, padahal maizena di rumah tinggal dikit, nanti kalau bikin kue kering harus keluar buat beli lagi, maleees jugaaa.. (duuuh mak, parah banget sih loo..)

Yawis nekad aja pake terigu, kan dulu pernah bikin juga pake terigu waktu ngecat kostum transformernya kakak, walaupun hasilnya amburadul hahahaa.. tapi kali ini cara buatnya persis kaya waktu buat playdoh, dimasak sampai mencapai tekstur kekentalan yang diinginkan (tsaaaelaaa…)
Eh ternyata hasilnya lumayan, yaa memang belum bisa mirip banget sama cat air pabrikan itu, tapi ini gak mbleber dan bikin kertas keriting, mungkin kalau aku pakai maizena dan teksturnya dibuat lebih kental hasilnya di kertas juga bisa lebih bagus lagi.

Cara membuat cat air ini gampang banget, gak sampai 10 menit selesai, murah juga karena dari setengah cup terigu bisa jadi empat buah cup puding jumbo.

image

HOMEMADE FINGER PAINT

Bahan
1/2 cup tepung terigu / maizena
2 sdm gula pasir
1 sdt garam halus
2 cup air bersih
1 sdt vanilla bubuk (optional aja)
Pewarna makanan

Cara Membuat
1. Campur semua bahan, aduk rata sampai benar-benar larut lalu saring untuk memastikan tidak ada tepung yang masih menggumpal.
2. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mencapai kekentalan yang dimau (main feeling laah..)
3. Pisahkan menjadi 4 bagian, beri warna masing-masing merah, biru, dan kuning, sisakan satu cup tetap berwarna putih untuk membuat warna-warna muda waktu melukis nanti.

Gampang kan?
Yang jelas sangat aman kalau gak sengaja kejilat -__-
Buat face painting juga bisa, kalau kena kulit gampang banget dicuci kok, asal pakai pewarna makan dengan kualitas baik.

image
Proses face painting ala Raya
image
Hasilnyaaaaa.. hahaa..

Hmmm.. besok kita bikin apalagi ya kak?
Asal jangan minta roket aja yaaak.. ^_^

(Visited 915 times, 4 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *