Homemade Playdoh

image

Proyek liburan selanjutnya setelah rumah kardus adalah PLAYDOH, jaman kita dulu (KITAAAA??) nyebutnya Lilin Mainan, atau Vas.  Kalau sudah mainan ini betah deh duduk diam berjam-jam πŸ˜€

Sekarang pun sebenarnya aku paling senang saat Arka dan Raya lagi asik dengan playdohnya, rumah jadi tentram damai sentosa, gak ada yang teriak-teriak, gak ada pukul-pukulan, gak ada hotwheel bertebaran yang lumayan bikin ngilu telapak kaki kalo ga sengaja keinjek πŸ˜€

Tapiii aku juga paling males sama adonan playdoh yang begitu mengering jadi keliatan jorok banget, mau itu playdoh yang beli jadi atau yang buatan sendiri sama aja cepat banget jadi kaku dan kering.. lagian yang beli jadi itu konon gak aman kalau tertelan, yaaa walaupun alasan utamanya sih  kalau beli melulu jelas bikin jebol anggaran yang memang udah nyaris jebol ini πŸ˜€
Gara-gara itu aku jadi jarang banget kasih anak-anak playdoh, toolsnya pun gletakan aja di sana sini (ciyeee lagaknya kaya punya banyak aja), malah buat main pasir sama Raya -__-

Nah, beberapa minggu yang lalu aku dapat resep homemade playdoh dari grup parenting di whatsapp, dilihat-lihat dari bahannya sih meyakinkan, langsung kepingin bikin.. tapi niat eksekusi betulannya baru datang pagi ini hihiiii..

Ternyata hasilnya memang oke.. gak lengket, lentur, gak gampang ngeprul (apa yaa bahasa indonesianya?) saat dibentuk, gak bau lilin, dan lumayan awet lama juga diudara terbuka..

Kata resepnya sih bisa awet semingguan asal disimpan di kontainer tertutup rapat. Minggu depan aku update lagi deh yaa awet atau enggaknya.

image
Langsung anteeeeng..

Berikut aku tulis resepnya yang sudah aku modif lagi sesuai suasana hati ini (halaaah..)

HOMEMADE PLAYDOH

BAHAN
1 cup terigu all purpose
1/4 cup garam halus
180 ml air bersih (resep asli 2/3 cup)
2 sdt cream of tartar (bisa diganti jeruk nipis)
3 sdm minyak (resep asli 2 sdm)
Pewarna makanan

CARA MEMBUAT
1. Ayak terigu dan garam sampai rata di dalam panci anti lengket.
2. Masukkan semua bahan basah (kecuali pewarna) secara bertahap sambil diaduk sampai benar-benar larut tercampur rata, tidak ada terigu yang menggumpal.
3. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk sampai adonan mengumpal dan mencapai tekstur playdoh yang diinginkan, matikan api sambil tetap diaduk.
4. Tunggu dingin, bagi menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan, tetesi pewarna makanan dan uleni sampai warna merata.

image
Beberapa jam kemudian.. awet antengnya walaupun sudah gak berbentuk πŸ˜€
(Visited 133 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *