Siomay Kenyal Ala Abang-Abang

image

Yang sederhana itu kadang justru ngangenin.. kaya saya gitu laah *krukupanember* 😀

Gak ding, sesederhana siomay abang-abang yang bisa ngider pake sepeda atau gerobak itu lhoo, rasa dan bentuknya kan alakadarnya banget tapi nagih!

Cuma ngeri juga yaa kalau keseringan beli, kali aja si abang bikinnya sambil ngupil 😀
Mending bikin sendiri kan? wong gampang kok.. Magicom buat ngukus mah anak kos juga punya doong yaa.. gak punya blender apalagi food processor? atuhlah dicincang, lumayan menguatkan otot-otot lengan..

SIOMAY KENYAL ALA ABANG-ABANG
by Yoan

BAHAN SIOMAY

150 gr daging ayam tanpa tulang
100 gr udang tanpa kulit
100 gr labu siam, parut kasar, tiriskan airnya
250 gr tepung maizena
2 butir PUTIH telur
5 butir bawang putih
4 butir bawang merah
2 sdt garam halus (atau dikira-kira yaa, kemarin aku juga gak pas 2 sdt :D)
1/2 sdt lada bubuk
3 batang bawang daun, iris halus
Air bersih secukupnya

CARA MEMBUAT SIOMAY

1. Haluskan bawang putih dan bawang merah, tumis sampai wangi, biarkan dingin.
2. Giling semua bahan (kecuali bawang daun) dengan food processor (bisa juga pakai blender asal sabar siih..) sampai halus, masukkan bawang daun, aduk rata, tambah air sampai mencapai ti gkat kekentalan yang diinginkan.
3. Bentuk somay dengan menggunakan 2 buah sendok, taruh dalam kukusan (aku pakai magicom) dan kukus selama 30 menit.

image

Untuk saus kacangnya, dari dulu aku udah cocok banget sama resep saus kacangnya mba Endang JTT, jadi gak ada yang aku modif lagi.

SAUS KACANG
by Endang Just Try and Taste

BAHAN SAUS KACANG

300 gram kacang tanah, bisa pakai yang kupas atau yang masih memiliki kulit, goreng matang
5 siung bawang putih
5 buah cabai merah keriting
3 butir cabai rawit
3 sendok makan gula Jawa, sisir
2 sendok makan air asam Jawa
2 sendok teh garam
500 ml air  matang

CARA MEMBUAT SAUS KACANG

Goreng bawang putih sebentar hingga layu dan sedikit kecoklatan, angkat.

Siapkan blender, masukkan kacang tanah goreng, bawang putih, dan cabai, tambahkan air. Proses hingga halus.  Jika adonan terlalu kental, tambahkan air hingga tercapai kekentalan yang diinginkan.

Tuangkan saus ke dalam panci, masukkan garam, gula dan air asam Jawa. Masak hingga mendidih dan matang. Cicipi rasanya. Angkat.

Hasilnya? Siomay kenyal kenyol yang tetap empuk, gak usah pake pelengkap macam kenyang, tahu, dan kol juga udah enak kok, digoreng lebih enak lagi.

Dan kemarin aku udah coba simpan di freezer, cukup dithawing 5 menitan terus langsung goreng, praktis deeh 🙂

(Visited 196 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *