Pizza Tebal Ala Tangzhong

Pizza american style dengan dough tebal selalu jadi favorit anak-anak di rumah, empuk dan kenyang katanya 😀
Apalagi kalau toppingnya juga dibuat tebal alias diisi macam-macam sampai bejubel dan ditutup keju mozzarella yang juga tebal, waaah.. kalau udah gitu, 1 loyang cuma habis oleh mereka berdua dalam hitungan jam aja 😀

image

Walaupun sudah sering bikin tapi resepnya sering aku rubah untuk menemukan tekstur yang benar-benar pas dengan selera anak-anak, kali ini 1 butir telur aku ganti dengan 2 butir kuning telur, hasilnya lebih empuk.. Memang sih ini lebih cocok dibilang roti ketimbang dough pizza karena bahan dan cara bikinnya mirip banget Japanese Milky Bread karena aku juga pakai resep ini kalau lagi buat roti manis, ya gapapa lah.. Namanya buat konsumsi sendiri jadi nuruti selera customer di rumah donk yaa.. hahaa 😀

image
Ketebal dan teksturnya seperti ini..

Resep ini bisa jadi 4 loyang kotak ukuran 24 x 24 cm, jadi kalau mau buat sedikit monggo disesuaikan aja 🙂

PIZZA KULIT TEBAL (Metode Tangzhong / Water Roux)

Bahan A (biang tangzhong):
50 gr terigu all purpose (aku pakai segitiga biru)
250 ml susu cair plain (bisa diganti air)

Bahan B:
400 gr terigu protein tinggi
80 gr gula bubuk
8 gr ragi instan
1/2 sdt vanilla bubuk

Bahan C:
200 gr bahan A (biang tangzhong)
2 butir KUNING telur
130 ml susu cair plain

Bahan D:
50 gr margarin

CARA MEMBUAT
1. Bahan A
Siapkan panci kecil anti lengket, aduk terigu dan air sampai tidak ada yang bergumpal, bisa dipastikan dengan menyaringnya dulu.
Masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga menjadi bubur yang kental berjejak (silahkan gugling ya untuk tau apa itu kental berjejak 🙂 )
Matikan api, pindahkan adonan ke dalam mangkuk bersih, tutup rapat dengan clingwrap untuk menghindari permukaannya menjadi kering, simpan dalam kulkas.
2. Campur bahan B didalam baskom yang cukup besar.
3. Kocok bahan C (dan A) dengan whisker sampai tercampur.
4. Tuang bahan C kedalam bahan B, aduk rata dan uleni sampai cukup kalis.
5. Masukkan bahan D, uleni dengan gerakan seperti mencuci baju, sesekali robek dan banting adonan (jangan sambil ngamuk yaa 😉 ) lakukan selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan kalis elastis.
6.Bulatkan adonan menjadi sebuah bola besar lalu letakkan dalam sebuah wadah bersih yang besarnya cukup untuk menampung adonan hingga dua kali lipat ukuran sekarang. Tutup dengan clingwrap dan simpan di tempat yang cukup hangat (punyaku ditaruh diatas TV hehee)
7. Setelah 30-60 menit biasanya adonan sudah mengembang dua kali lipat daripada ukuran semula, buka clingwrap, kempiskan adonan lalu bagi menjadi 4 bulatan yang sama besar.
8. Ambil satu bagian adonan lalu gilas hingga mendapatkan ketebalan yang sama dan muat di loyang bulat bongkar pasang diameter 24 x 24 cm. Kerjakan dengan cara yang sama untuk adonan yang satunya.
9. Taburi adonan dengan topping suka-suka, yang ini aku kasih olesi salsa dip (sisa paketan nachosnya Nanduto’s Nachos :D), taburan keju cheddar, ayam yang diiris tipis, paprika, bawang bombay, sosis sapi, lalu ditutup dengan mozzarella yang dipotong kotak-kotak.
10. Panggang selama 15 menit di suhu 170 derajat celcius dengan api bawah saja supaya toppingnya tetap keceeh 🙂

Oiya, Kalau mau dapat efek mulurnya si mozza, potong pizza waktu masih panas yaa..

image

Abaikan tangan ngeyel dibelakang ini.. dia gak rela pizzanya dipinjem 5 menit aja buat poto-poto 😀

(Visited 308 times, 3 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *