Bakpao Kumbu Hitam (Taosa)

image

Sudah lama penasaran sama bakpao kumbu hitam yang biasa dijual abang-abang bakpao, tapi tiap kali browsing resep yang muncul selalu beda-beda.. biasanya kan perbedaan resep itu hanya di jumlah takaran atau bahan pengganti, secara garis besar ya sama.. nah kalau resep kumbu hitam ini satu dengan yang lain bisa beneran beda.. ada yang pakai kacang hijau utuh, kacang hijau kupas, merang, santan, glukosa, macem-macem dan bikin galau lah pokoknya πŸ˜€

Aku sendiri udah pernah nyoba bikin pakai kacang hijau utuh dan santan, eh rasanya beda banget dengan punya si abang, lalu aku pakai kacang hijau kupas dengan santan, masih gak sama juga hasilnya..

Resep bakpaonya bisa pakai resep apa aja ya.. yang aku pakai sekarang resep dari Sajian Sedap di sini, sekarang aku share resep kumbu hitamnya aja πŸ™‚

image

KUMBU HITAM (TAOSA)

BAHAN
200 gr kacang hijau kupas
125 ml susu cair plain
4 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
Pewarna makanan hitam secukupnya

CARA MEMBUAT
1. Rebus kacang hijau sampai hancur, sisihkan airnya.
2. Masak kacang hijau, susu, dan gula dalam panci dengan api kecil.
3. Tambahkan pewarna hitam. Aduk-aduk terus sampai adonan mencapai kekentalan yang diinginkan. Matikan api.
4. Tunggu dingin dan kumbu hitam alias taosa siap dipakai πŸ™‚

Menurut aku sih rasa dan teksturnya sudah mirip dengan bakpao kumbu hitamnya si abang bakpao yang everlasting itu πŸ˜€

(Visited 1,331 times, 6 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *