Caterpillar Bread (Tangzhong Methode)

image

Lagi BW ke blognya Teh Nicke NCC terus nemu resep Roti dengan metode tangzhong atau water rhoux langsung deh gak sabaran pingin nyobain karena selama ini metode tangzhong selalu jadi andalanku kalau bikin donat yang super empuk nyes nyes.. tapi entah kena karma apa, aku gak pernah sukses bikin roti.. yang keras lah, yang bantet lah, yang kering lah, kalau pun sukses empuk eh rasanya malah mirip donat panggang πŸ˜€
Resepnya Teh Nicke ini juara karena menyertakan ukuran dalam cup juga, jadi aku gak perlu repot-repot konversi ukuran dulu (nasib gak punya timbangan digital πŸ™ )
Porsinya juga pas banget buat dibanting dan dirobek-robek, gak bikin otot panas dingin setelah kelar πŸ˜€
Kalau mau lihat versi aslinya bisa langsung ke sini karena yang versi aku di bawah nanti sudah aku modif sedikit, disesuaikan dengan kebiasaanku aja sih πŸ™‚

image

BIANG TANGZHONG / WATER RHOUX

Bahan:
3 sdm terigu protein tinggi
1/2 cup susu cair (aku pakai ultra)

Cara Membuat:
1. Siapkan panci kecil anti lengket, aduk terigu dan susu sampai tidak ada yang bergumpal, bisa dipastikan dengan menyaringnya dulu.
2. Masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga menjadi bubur susu yang kental berjejak (silahkan gugling ya untuk tau apa itu kental berjejak πŸ™‚ )
3. Matikan api, pindahkan adonan ke dalam mangkuk bersih, tutup rapat dengan clingwrap untuk menghindari permukaannya menjadi kering, simpan dalam kulkas.

ROTI TANGZHONG / WATER RHOUX

Bahan:
2 sdt ragi instan
1/4 sdt gula pasir
1/2 cup susu cair hangat
1 butir telur, kocok lepas
1 porsi biang tangzhong
2 1/2 cup terigu protein tinggi
4 sdm gula halus
3 sdm margarine / salted butter (aku mix elle & vire dan palmia royal)

Cara Membuat:
1. Campur ragi, gula halus dan susu hangat dalam sebuah mangkuk, diamkan selama 7-10 menit sampai berbusa yang menandakan ragi berkembang dengan baik.
Masukkan telur dan biang tangzhong lalu aduk rata.
2. Taruh terigu dan gula halus dalam baskom bersih yang cukup besar, tuang campuran ragi dan telur ke dalam tepung lalu aduk cepat menggunakan spatula hingga semua tercampur rata menjadi gumpalan-gumpalan kecil.
3. Mulai deh bagian terberatnya, jangan lupa cuci tangan dulu yaa.. Dengan kedua tangan uleni adonan hingga setengah kalis, masukkan butter dan uleni kembali sampai benar-benar kalis dan lentur, aku butuh 30 menit untuk membanting, merobek, dan memijit-mijit si adonan sampai kalis (sambil dzikir berdoa semoga si bread maker cepat kebeli :D)
4. Bulatkan adonan menjadi sebuah bola besar lalu letakkan dalam sebuah wadah bersih yang besarnya cukup untuk menampung adonan hingga dua kali lipat ukuran sekarang. Tutup dengan clingwrap dan simpan di tempat yang cukup hangat (punyaku ditaruh diatas TV hehee)
5. Setelah 30-60 menit biasanya adonan sudah mengembang dua kali lipat daripada ukuran semula, buka clingwrap, kempiskan adonan lalu bentuk sesuai selera.
Kebetulan udah lama aku naksir Caterpillar Breadnya Teh Ricke, keturutan deh hari ini bikin yang model begitu.. Step by step pembuatannya bisa lihat langsung di sini. Isiannya aku pakai sosis sapi, diolesi saus tomat dan mayonaise, ditaburi mix herbs, parutan keju cheddar dan mozzarela. Rotinya juga aku oles dengan kuning telur yang dikocok bersama susu cair untuk mendapatkan efek kecoklatan.
6. Panggang di suhu 150 derajat selama 20 menit, setelah matang keluarkan dari oven dan langsung olesi dengan butter supaya si roti kelihatan kinclong.
image

Beneran deh rotinya ini empuuuk dan lembuuuuut.. Nuhun Teh Nicke untuk ilmunya *peluk*

Oya, aku juga nyimpen 2 potong yang roti coklat (tadi bikin 2 macam) di dalam lock n lock untuk uji coba besok, semoga empuknya masih sama..

Update 9 Nov 2014

image

Ini roti isi coklat yang semalam bobo manis di lock n lock, walaupun gak selembut kemarin sore tapi masih tetap empuk.

(Visited 73 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *