Donat Empuk Menul Menul dengan Metode Water Roux

Biasanya aku posting resep-resep hasil oprekan dapurku di blog pribadiku, tapi pengecualian buat beberapa resep yang Arka doyan banget dan memang jadi andalan di keluarga kami, aku tulis di sini supaya supaya lebih gampang.

Jadi untuk my-future-daughters-in-law, bersiaplaaaah.. kalian wajib bisa menduplikasi semua resep yang ada di sini, mesti mirip!!!!
sukur-sukur bisa lebih enak 😀
*nyengiralacruella*

image

Setelah 3 kali percobaan bikin donat kentang JTT selalu berakhir gatot *tutup muka* aku mulai mikir kalau tiap orang punya takdir sendiri sendiri, dan memang bukan takdirku untuk bisa bikin donat empuk nan lembut (okee kalau yang ini lebay -_- )
Sampai kemarin ada yang posting Donat dengan metode Tangzhong atau Water Roux di group NCC Foodphotography, katanya empuk banget tanpa kentang. Penasaran, aku coba browsing dan ternyata udah banyak banget yang bikin yaaa.. *lagi-lagi kudet*
Rata-rata yang pernah nyoba bikin bilang kalau empuknya awet sampai besok, dan anti gagal!! *penting banget*

Gak pakai nunggu besok, langsung aku eksekusi hari itu juga, mumpung masih pagi, si kakak masih di sekolah, karena kalau dia datang hancur lah harapan bikin adonan dengan hati tenang 😀 😀

Tapi rata-rata resep donat tangzhong itu mencampur ragi dengan bahan kering lainnya, padahal aku pernah punya pengalaman buruk dengan ragi yang wafat sebelum waktunya tapi gak ketauan gegara dicampur bahan kering, semenjak itu lebih pede kalau raginya aku ‘jadiin’ dulu dengan gula dan air hangat.
Makanya resep donat tangzhong yang banyak beredar itu aku modif lagi.. bahan-bahannya juga gak ada yang aku timbang, cukup pakai measuring cup and spoon aja, jauh lebih praktis daripada melototin angka timbangan.. yaa walaupun akhirnya si timbangan dikeluarin juga sih.. buat nimbang berat masing-masing adonan yang udah dibulatin 🙂 🙂

Yang ini versi aku 🙂

Bahan A

3 sdm tepung terigu (aku pakai segitiga biru)
150 ml air

Larutkan tepung dalam air sampai benar-benar rata lalu masak dengan api kecil sampai mengental dan berjejak, matikan api dan dinginkan adonan.

Bahan B

1 sachet ragi instan (aku pakai fermipan)
1/4 sdt gula pasir
1/8 cup air hangat

Campur dan aduk rata semua bahan dalam mangkok ukuran besar sampai ragi larut, diamkan 8-10 menit.

Bahan C

4 cup tepung terigu protein tinggi (aku pakai Cakra Kembar)
1/2 cup gula halus (aku blender sendiri, rasanya lebih manis dari gula halus jadi)
1/2 cup susu cair (aku pakai UHT Ultra plain)
1 butir telur
Optional:
3 sdm susu bubuk / 1sdt pasta susu (aku pakai Toffico)
1 sdt vanilla bubuk

Campur rata semua bahan dengan adonan A dan B, uleni sampai adonan tidak lengket ditangan (kurleb 5 menit).

Tambahkan 1/4 cup Margarine (aku pakai blue band cake and cookies) pada adonan.

Lanjutkan menguleni sampai adonan benar-benar kalis dan halus permukaannya (kalau aku memakan waktu kurang lebih 15-20 menit).

Rapihkan adonan menjadi bulatan besar, letakkan dalam wadah bersih yang cukup besar, tutup dengan serbet bersih dan proofing ditempat hangat kurang lebih 40-60 menit (tergantung suhu ruang, makin hangat makin cepat adonan mengembang).

Bagi-bagi adonan dengan berat masing-masing 50 gram, bentuk sesuai selera dan proofing kembali selama 10-15 menit.
Pada tahap ini, setelah dibentuk sebagian adonan bisa disimpan di freezer untuk digoreng besoknya, gak perlu diproofing lagi, langsung taruh di wadah yang tertutup rapat dan masukkan freezer. Besok saat akan di goreng adonan di thawning dulu kurang lebih satu jam dalam suhu ruang yang cukup hangat.

image
Ini penampakannya waktu beku

Goreng dengan api kecil supaya permukaan donat halus dan warnanya cantik 🙂

Hasilnya beneran mengembang, kopong di dalam, dan super empuuuuuk.. persis Jco!
Saking empuknya donat yang segede itu bisa dikunyah ayah dalam sekali emplokan hahahaa *rakus kalo itu mah*
Enaknya lagi, bisa dibikin dalam jumlah banyak dan digoreng secukupnya aja tiap mau makan, yang disimpan di freezer empuknya sama kok.

image

image

(Visited 1,596 times, 6 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *