Abhiram Narayana : Teman untuk Kakak

Mumpung Raya lagi pules bobonya, aku mau cerita tentang arti namanya ah..

Belum lama ini sempat ditanyain teman-teman artinya apa? panggilannya sapa? kok dipanggil raya? kok bukan abhi atau nara?

Jadi gini.. Kriteria (emangnya lomba?) buat namanya si adek adalah:
1. Nyambung sama namanya kakak.
2. Dari bahasa sanserkerta atau kawi atau hindi (emang gue sukanya itu, jadi gak usah tanya lagi! :D)
3. Terdiri dari tiga kata termasuk Prasetyo.
4. Gak pasaran.

Nah, setelah melototin om gugel pagi siang sore malam selama berbulan-bulan ada beberapa nama yang aku suka:
Akshara – Penguasa yang tidak bisa dibinasakan (nama lain Shri Krishna)
Anaya – Yang tidak memiliki pemimpin
Aniruddha – Yang tidak bisa dihalangi
Danavendra – Yang memberi segala berkah
Dayanidhi – Dewa maha pengasih
Narayana – Pelindung setiap orang
Sumber dari sini

Sempat mantap pingin pakai nama Akshara sebelum akhirnya aku jatuh cinta dengan dua nama ini:

Abhiram (sanskrit) = other name of lord Vishnu, lovely, pleasant.

Narayana (sanskrit) = other name of lord Vishnu / lord Krishna, working for the preservation of dharma or righteousness.

Kenapa kok pakai namanya Vishnu/Krishna semua?
Menurut mitologi Hindi, Vishnu atau Wisnu itu adalah salah satu dari Trimurti yang bertugas memelihara dan menjaga keseimbangan alam, dalam tugasnya dia selalu bereinkarnasi menjadi manusia (avatar), dan Krishna adalah avatar Vishnu yang kedelapan, hidup di masa Tetrahyuga dalam kisah Mahabharata.

Versi pewayangan jawa, Narayana itu nama kecilnya Krishna.. Jadi kKami pilih nama Narayana karena kakak sudah pakai nama Dananjaya, yang merupakan salah satu dari sepuluh nama lain dari Arjuna.

Kalau yang pernah mengenal cerita Mahabharata (baik dalam kitab Purayana (Hindi) ataupun Wiwacarita Jawa) pasti tau kalau Arjuna dan Krishna itu saudara sepupu sekaligus ipar yang ‘klik’ banget, dalam urusan apapun Arjuna selalu minta pendapat Krishna dan Krishna tanpa diminta pun selalu semangat bantuin Arjuna.
Misalnya waktu Arjuna kalah tanding lawan Bambang Ekalaya (dalam cerita Palguna Palgunadi), Krishna malah bantu menipu Ekalaya sampai dia wafat dan Arjuna menang (ini versi Jawa), atau pas Arjuna mau bawa kabur Subadra yang notabene adik kandungnya Krishna, bukannya marah dia malah bantuin pelarian Arjuna dan Subrada sampai bisa menikah. Apalagi waktu perang Bharatayuda, saat Arjuna kehilangan semangat berperang Krishna juga yang menyemangati dia panjang lebar, sampai nasihat-nasihat Krishna itu jadi sebuah kitab tersendiri, namanya Bhagavad Gita. Selama perang berlangsung Krishna juga setia menjadi kusir kereta perang Arjuna, ngajarin strategi perang, dan melindungi Arjuna dari serangan musuh.

Kami berharap Arka dan Raya bisa seperti Arjuna dan Krishna, saling menyayangi dan saling membantu dalam hal apapun, seumur hidup mereka. Amiin..

Soal panggilannya. Kenapa aku lebih suka panggil dia Raya? Kenapa bukan Abhi? Atau Nara?
Laah anak gue ini, suka-suka gue dong mau panggil apa.. hahahaa.. gak gitu ding :p

Aku ga suka nama Abi, disamping pasaran, Abi kan artinya bapak.. masa masih bayi dipanggil bapak? 😀
Nara? Kebeneran pas adek lahir ada sinetron di ercetei yang judulnya Putri Nomer Satu, tokoh utama si cowo namanya Nara, yaah ogah banget dong kalau sampe dikira ngikut-ngikut, hihihiii..
Raya sendiri artinya besar, megah.. aku mau kelak dia jadi orang besar (bedakan dengan gendut yaa..), berguna dan dikagumi banyak orang, Amiin..

Abhiram Narayana Prasetyo
Jadilah ksatria yang kuat nak, selalu bisa menebar kebaikan dan membahagiakan setiap jiwa di sekitarmu, jadilah kebanggan kami.. our little Krishna 🙂

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *