Arka’s First Book

Weekend kemarin kami mengajak baby A ke Gramedia, niatnya mau cari-cari buku resep untuk referensi MPASInya baby A.. diluar dugaan kami, bocah kecil ini berteriak kegirangan saat mulai menyusuri rak-rak buku, walaupun sedang digendong, dia gerakan kaki-kakinya menendang-nendang, tangannya sibuk meraih buku-buku di sisi kiri-kanan kami, lucu sekali..:’)

Terpikir untuk membelikannya satu atau dua buah buku, tentu saja yang penuh warna dengan gambar besar dan sedikit saja teks.. o iya, harus yang terbuat dari kertas tebal supaya nggak gampang jadi korban jari-jari usilnya Arka ya..
Setelah lama pilih-pilih, nggak ada satupun yang nyantol dan sreg di hati dan dompet.. Yang satu gambarnya kurang ramai, yang lainnya terlalu heboh untuk bayi umur 4 bulan, kalaupun ada yang kami suka harganya nyaris nggak masuk akal..X_X
Pakai Flash Card? Nope! Saya mau Arka mengenal buku, bukan kartu..

Akhirnya pulang cuma menenteng buku-buku persiapan MPASI, tanpa buku baru untuk Arka..:(

Sampai di rumah, Oma baru ingat kalau masih menyimpan buku-buku saat Om Angga kecil, terbungkus rapih dan licin di laci..
Waah ternyata isinya bagus-bagus, ada beberapa buku baby disney, buku sesame-street, dan buku petualangan hewan-hewan..

Dan ternyata Arka menyukai buku baby disneynya.. Pagi ini saat saya sodorkan didepannya, sambil tengkurap dengan mata melotot dan bibir monyong dia asyik mengoceh mengagumi gambar-gambar donald dan mickey di bukunya itu, kelihatannya Arka sangat menikmati buku yang dia kira mainan barunya..

Saya sengaja nggak membelikan Arka soft book yang bisa diuwel-uwel, diremas-remas bahkan bisa dibawa mandi (lhooh mau mandi atau baca buku?) seperti yang banyak dijual di baby shop..
Saya mau Arka mencintai buku.. bukan hanya isi cerita si buku itu tapi juga fisiknya, saya mau saat besar nanti dia merawat dan menjaga buku-bukunya tetap rapih, dan menurut saya itu harus diajarkan sejak awal..
Dengan memberi Arka softbook yang bisa bebas diremas-remas saya takut dia keburu menganggap begitu lah cara memperlakukan si buku.. setelah selesai dibaca, kemudian dilempar dan diremas.. dan saat saya kasih Arka buku sungguhan maka dia akan berpikir “yang itu boleh dikruwes kenapa yang ini nggak boleh?”
malah akan menambah PR saya untuk mengajari dia hal baru lagi..

Awalnya nggak tega juga melarang Arka setiap mau meraih dan meremas buku yang sedang kami baca bersama-sama.. pelan-pelan saya jauhkan bukunya sambil bilang “bukunya disayang yaa.. kalau rusak nanti nggak bisa dibaca lagi..”
Biasanya setiap saya bilang begitu Arka akan melotot memandang saya dengan muka lucunya..:) lalu saya sodorkan bukunya dan kami baca bersama-sama lagi, begitu seterusnya sampai halaman terakhir selesai dibaca, kemudian saya tutup bukunya dan taruh di meja.
Arka selalu memperhatikan setiap gerakan yang saya lakukan saat memegang bukunya itu..
Mudah-mudahan dengan rutinitas yang saya contohkan setiap membacakan Arka buku bisa mengajarkannya bagaimana cara yang baik memperlakukan buku, dan saat Arka dewasa dia benar-benar bisa mencintai buku-bukunya..

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *